Powered By Blogger

Sabtu, 26 November 2011

Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC)


Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) merupakan forum bagi negara-negara Pasifik Rim 21 (bergaya "negara anggota") yang bertujuan untuk mempromosikan perdagangan bebas dan kerjasama ekonomi di seluruh kawasan Asia-Pasifik. Didirikan pada tahun 1989 sebagai tanggapan atas saling ketergantungan pertumbuhan ekonomi Asia-Pasifik dan munculnya blok-blok ekonomi regional (seperti Uni Eropa) di bagian lain dunia, APEC bekerja untuk meningkatkan standar hidup dan tingkat pendidikan melalui pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dan penghargaan terhadap kepentingan bersama di antara negara Asia-Pasifik. Anggota account untuk sekitar 40% dari populasi dunia, sekitar 54% dari produk domestik bruto dunia dan sekitar 44% dari perdagangan dunia. [1]

Sebuah Pertemuan Pemimpin Ekonomi APEC tahunan 'yang dihadiri oleh para kepala pemerintahan anggota APEC semua kecuali Republik Cina (Taiwan), yang diwakili di bawah nama China Taipei oleh pejabat setingkat menteri. Lokasi pertemuan akan digilir setiap tahun antara ekonomi-ekonomi anggota, dan tradisi yang terkenal melibatkan pemimpin menghadiri ganti dalam kostum nasional anggota tuan rumah.
Pada bulan Januari 1989, Perdana Menteri Australia Bob Hawke menyerukan kerja sama ekonomi yang lebih efektif di wilayah Pasifik. Hal ini menyebabkan pertemuan pertama APEC di ibukota Australia Canberra pada bulan November, dipimpin oleh Menteri Luar Negeri Australia Gareth Evans. Dihadiri oleh para menteri politik dari dua belas negara, pertemuan diakhiri dengan komitmen untuk pertemuan tahunan masa depan di Singapura dan Korea Selatan.

Negara-negara Asosiasi Bangsa Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) menentang proposal awal, bukan mengusulkan Kaukus Ekonomi Asia Timur yang akan mengecualikan non-Asia negara-negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Australia, dan Selandia Baru. Rencana ini ditentang dan dikritik keras oleh Jepang dan Amerika Serikat.

Pertemuan Para Pemimpin Ekonomi APEC pertama 'terjadi pada 1993 ketika Presiden AS Bill Clinton, setelah diskusi dengan Perdana Menteri Australia Paul Keating, mengundang para kepala pemerintahan dari negara anggota untuk pertemuan puncak di Blake Island. Dia percaya hal itu akan membantu membawa Putaran Uruguay macet pembicaraan perdagangan kembali ke jalur. Pada pertemuan tersebut, beberapa pemimpin yang disebut untuk pengurangan terus hambatan perdagangan dan investasi, membayangkan sebuah komunitas di wilayah Asia-Pasifik yang mungkin mempromosikan kemakmuran melalui kerjasama. Sekretariat APEC, yang berbasis di Singapura, didirikan untuk mengkoordinasikan kegiatan organisasi.

Selama pertemuan pada tahun 1994 di Bogor, Indonesia, para pemimpin APEC mengadopsi Bogor Goals yang bertujuan untuk perdagangan bebas dan terbuka dan investasi di kawasan Asia-Pasifik pada 2010 untuk negara industri dan pada tahun 2020 untuk ekonomi berkembang. Pada tahun 1995, APEC didirikan sebuah badan penasehat bisnis bernama Dewan Penasihat Bisnis APEC (ABAC), terdiri dari tiga eksekutif bisnis dari masing-masing ekonomi anggota.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar